JARINGAN
KEILMUAN di NUSANTARA
Perkembangan
lembaga pendidikan dan pengajaran di masjid-masjid kesultanan sangat ditentukan
oleh dukungan penguasa.sultan bukan saja mendanai kegiatan-kegiatan
masjid,tetapi juga mendatangkan ulama,baik dari mancanegara,terutama timur
tengah,maupun dari kalangan ulama pribumi sendiri.
Kerajaan
samudera pasai mengalami kemunduran dalam bidang politik,tradisi keilmuan tetap
berlanjut.samudera pasai terus berfungsi sebagai pusat studi islam di
nusantara.
Kerajaan
malaka dengan giat melakukan pengajian dan pendidikan islam.hal itu terbuti
dengan hasil berhasilnya kerajan ini dalam waktu singkat melakukan perubahan
sikap dan konsepsi masyarakat terhadap agama,kebudayaan dan ilmu
pengetahuan.karena perhatian kerajaan yang tinggi terhadap pendidikan
islam,banyak ulama dari mancanegara yang datang ke malaka,seperti
afganistan,malabar,hindustan,arab.dari jawa misalnya sunan bonang dan sunan
giri.
Di
banten, fungsi istana sebagai lembaga pendidikan juga sangat mencolok. Bahkan
pada abad ke 17, banten sudah menjadi pusat ilmu pengetahuan islam di pulau
jawa.
Di
palembang ,istana ( keraton) juga difungsikan sebagai pust sastra dan ilmu
agama.banyak sultan palembang yang mendorong perkembangan intelektual
keagamaan,seperti sultan ahmad najamuddin I dan sultan muhammad baha’uddin. Itu
tercermin pada keberadaan perpustakaan keraton yang memiliki cukup lengkap dan
rapi.
Berkembangnya
pendidikan dan pengajaran islam, telah berhasil menyatukan wilayah nusantara
yang sangat luas.dua hal yang mempercepat proses itu yaitu penggunaa aksara
arab dan bahasa melayu sebagai bahasa pemersatu ( lingua franca).aksara arab
itu disebut dengan banyak sebutan, seperti huruf jawi ( di melayu) dan huruf
pengon (dijawa).
Berkembangnya
pendidikan islam di istana-istana raja seolah menjadi pendorong munculnya
pendidian dan pengajaran di masyarakat.setelah terbentuknya berbagai ulama
hasil didikan dari istana-istana,maka murid-muridnya melakukan pendidikan ke
tingkatan yang lebih luas,dengan diangsungkannya pendidikan dirumah-rumah ulama
untuk masyarakat umum.pelajaran yang diberikan terutama membaca al-quran
,menghafal ayat-ayat pendek,dan belajar bacaan salat lima waktu.
Di
nusantara,masjid-masjid yang berada di pemukiman penduduk yang dikelola secara
swadaya oleh masyarakat menjalankan fungsi pendidikan dan pengajaran untuk
masyarakat umum.tidak jarang diantaranya berkembang menjadi sebuah lembaga
pendidikan yang cukup kompleks,seperti meunasah di aceh, suarau di minangkabau,
langgar di kalimantan dan pesantren di jawa.
AKULTURASI dan
PERKEMBANGAN BUDAYA ISLAM
Hasil
proses alkulturasi antara kebudayaan praislam dengan dengan ketika islam masuk
tidak hanya berbentuk fisik kebendaan seperti seni bangunan,seni ukir/pahat,
dan karya sastra tetapi juga menyangkut pola hidup dan kebudayaan non fisik
lainnya.
1. Seni bangunan
·
Masjid dan menara
Seni bangunan
yang menonjol adalah masjid.fungsi utama dari masjid adalah tempat beribadah
bagi orang islam.
Cir-ciri bangunan
masjid kuno di indonesia
Ø Atapnya berupa atap
tumpang,yaitu atap yang bersusun,semakin ke atas semakin kecil dan tingkat yang
paling atas berbentuk limas.jumlah tumpang biasanya ganjil dan tumpang satu
disebut meru.puncak diatas tumpang disebut mustaka
Ø Tidak ada menara yang
berfungsi untuk mengumandangkan adzan.untuk menandai waktu salat dengan memukul
beduk. pada masjid kudus bentuk menaranya yang berbentuk sebuah candi langgam
jawa timur yang telah di ubah dan diberi atap tumpang.masjid banten menara
tambahannya dibuat menyerupai mencusuar.
Ø Masjid umumnya didirikan di
ibu kota atau dekat istana kerajaan.ada juga masjid yang dipandang keramat yang
dibangun diatas bukit atau dekat makam.
·
Makam
Makam-makam yang
terletak di tempat-tempat yang tinggi atau diatas bukit,menunjukan
kesinambungan tradisi yang engandung unsur kepercayaan terhadap ruh-ruh nenek
moyang dalam pengejawantahan pendirian pundek berundak megalitik.unsur seni
bangunan keagamaan masih diteruskan pada masa tumbuh dan berkembangnya islam di
indonesia melalui proses alkulturasi.makam-makam yang lokasinya di atas
bukit,makam yang paling atas adalah yang dianggap paling dihormati misalnya
sunan gunung jati atau syarif hidayatullah di gunung sembung.dibagian teratas
komppleks pemakaman imogir adalah makam sultan agung hanyokrokusuma, di tempat
datar di kota gede orang yang paling dihormati ditempatkan di tengah.makam
walisongo biasanya diletakkan di cungkup .
2. Seni ukir
Waupun seni patung untuk menggambarkan makhluk hidup secara
nyata tidak diperbolehkan.akan tetapi,seni pahat atau seni ukir terus berkebang
para seniman tidak ragu mengembangkan seni hias
an seni ukir dengan motif daun-daunan dan bunga-bungaan.kemudian muncul
seni hias dengan arab atau kaligrafi.kalau terpksa ingin melukiskan makhluk hidup
akan disamarkan dengan berbagai hiasan.
3. Aksara dan seni sastra
Abjad atau huruf-huruf arab sebagai abjad yang digunakan
untuk menulis arab mulai digunakan di indonesia.
Ø Hikayat adalah karyab sastra
yang berisi cerita sejarh ataupun dongeng.
Ø Babad adalah mirip hikayat
namun isinya tidak selalu berdasarkan fakta, jadi isinya campuran antara fakta
sejarah,mitos,dan kepercayaan.
Ø Syair berasal dari perkataan
arab untuk menamakan karya sastra berupa sajak-sajak yang terdiri atas empat
baris setiap baitnya.
Ø Suluk merupakan karya sastra
yang berupa kitab-kitab dan isinya yan menjelaskan soal-soal tasawufnya.
4. Kesenian
Menghasilkan kesenian bernafas islam yang bertujuan untuk
menyebarkan ajaran islam.
·
Permainan debus yaitu tarian yang pada puncak acara para
penari menusukkan benda tajam ke tubuhnya tanpa meninggalkan luka.
·
Seudati,sebuah tarian yang berasal dari aceh yang diamainkan
oleh 8 orang sambil menyanyikan shakawat nabi.
·
Wayang
5. Kalender
Pada pemerintahan umar bin khattab beliau berusaha membenahi
kalender islam yang ditetapkan 1H adalah 14 september 622 M, sistem kalender
itu juga berpengaruh di nusantara.yaitu kalender yang diciptakan oleh sultan
agung,mengenai nama-nama bulan pada tahun saka misalnya bulan muharam diganti
dengan sura dan ramadhan diganti dengan pasa.kalender beliau dimulai tanggal 1
sura tahun 1555 jawa atau 8 agustus 1633.
PROSES INTEGRASI NUSANTARA
1) Peranan ulama dalam proses
integrasi
Agama islam yang
masuk dan berkembang di nusantara mengajarka kebersamaan dan mengembangkan
toleransi dalam kehidupan beragama.islaa mengajarkan persamaan dan tidak
mengenal kasta-kasta dalam kehidupan masyarakat.konsep ajaran islam memunculkan
perilaku ke arah persatuan dan persamaan derajat.
2) Peran perdagangan antar pulau
Melalui kegiatan
pelayaran dan perdagangan antar pulau di indonesia berlangsung dari daerah satu
ke daerah yang lain,bahkan antar negara satu dan negara lain.kegiatan pelayaran
dan perdagangan pada umumnya berlansung dalam waktu yang lama.hal ini
menimbulkan pergaulan dan hubungan kebudayaan antara para pedagang dengan
peduduk setempat.
3) Peran bahasa
Diperlukan satu
bahasa yang menjadi bahsas perantara dan dapat dimengerti oleh semua suku
bangsa.jika tidak memiliki kesamaan bahasa,persatuan tidak akan terjadi karena
diantara suku bangsa timbul kecurigaann dan prasangka lain.
Sumber :
Sejarah indonesia kelas X SMA/MA/SMK/MAK semester 2
No comments:
Post a Comment